Pipa Biru

Informasi Menarik | kesehatan | Gadget | Pendidikan | Wisata | Tips Dan Triks | Islam | Bisnis Online

Kenapa Mata Bisa Mengantuk? Ini Jawabannya

Advertisement

Kenapa Mata Kita Bisa Mengantuk Ya?


Menjelang tidur biasanya selalu didahului oleh perasaan kantuk. Dan mengantuk itu sendiri biasanya ditandai dengan mulut yang tak henti-hentinya menguap dan mata yang sulit untuk melek. Sebenarnya mengapa sih kita bisa merasa ngantuk? Apa yang menyebabkan kita menjadi mengantuk dan ingin tidur.
mengapa kita bisa mengantuk jawabannya adalah karena otak kita butuh waktu untuk beristirahat. Setelah sel-sel otak lelah bekerja selama seharian, otak akan kekurangan pasokan oksigen. Padahal supply oksigen sangat dibutuhkan oleh otak untuk menghasilkan energi yang cukup untuk beraktifitas. Otak yang mulai menurun produktifitasnya membutuhkan istirahat untuk memulihkan diri. Untuk bisa beristirahat, otak kemudian akan mengirimkan sinyal alami kepada tubuh sebagai rasa kantuk dan ingin tidur.
Umumnya, manusia membutuhkan waktu beristirahat selama 7-8 jam dalam sehari. Kurang dari itu biasanya akan berdampak kurang baik bagi tubuh, seperti badan terasa lemas dan susah untuk berkonsentrasi. Maka dari itu ketika sudah terasa ngantuk sebaiknya tidak memaksakan diri untuk terus beraktifitas. Jangan paksa otak untuk terus bekerja selama 24 jam non stop. Ingat, bahwa otak adalah bagian tubuh kita yang sangat vital.
Lalu, mengapa kita mengantuk malam hari ? kalau untuk waktu istirahat (tidur) sebenarnya tidak harus di malam hari. Kapan saja kita bisa merasa ngantuk dan ingin tidur. Hanya saja tubuh kita memiliki mekanisme tersendiri yang kita sebut jam biologis. Yaitu pencatatan otomatis tubuh tentang kapan tubuh harus tidur, kapan tubuh melakukan pembuangan zat beracun,dsb. Tubuh kita terbiasa mengantuk di malam hari karena kita melakukan aktifitas di siang hari. Energi otak kita sudah banyak terpakai di siang hari, maka otak akan mulai lelah di malam harinya. Dengan begitu kita akan merasa mengantuk akibat sinyal alami yang dikirim oleh otak agar kita mengistirahatkan tubuh. Tapi, berbeda dengan mereka yang banyak melakukan aktifitas di malam hari, tentu saja jam biologis tidurnya adalah di siang hari. Jadi, malam bukan patokan bahwa kita akan mengantuk dan tidur. Kita bisa mengantuk kapan saja tergantung kapan otak mulai merasa lelah.
 Akan tetapi jika sering mengantuk padahal porsi tidur anda cukup, maka anda perlu berhati-hati. Beberapa kemungkinan kenapa sering merasa mengantuk diantaranya:
1.    Anemia
Inilah alasan yang paling sering muncul yang menyebabkan seseorang sering mengantuk.  Kekurangan sel darah merah menyebabkan berkurangnya supply oksigen dalam tubuh. Padahal otak sangat membutuhkan oksigen untuk beraktifitas. Jika oksigen yang diterima hanya sedikit tentu otak akan cepat merasa lelah dan akhirnya mengirimkan sinyal kantuk pada tubuh.
2.    Produksi hormon tyroid menurun
Hormon ini berfungsi untuk mengontrol metabolisme dan pembakaran energi dalam tubuh. Jika produksi hormon ini berkurang maka fungsi pembakaran energi dalam tubuh pun berkurang sehingga tubuh menjadi lemas, lesu dan mengantuk.
Sebab lainnya bisa dikarenakan tubuh kekurangan isotonik, mengalami gangguan tidur (sleep disorder) dan terkena Sindrom kelelahan kronis (chronic fatigue syndrome). 
Baca Juga: Mengapa Mengantuk Setelah Makan dan Karakter / Sifat Bergolongan Darah B

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Artikel Terkait Mengenai : Kenapa Mata Bisa Mengantuk? Ini Jawabannya

Tampilkan Komentar
Hide comments

0 komentar:

Posting Komentar