Pipa Biru

Informasi Menarik | kesehatan | Gadget | Pendidikan | Wisata | Tips Dan Triks | Islam | Bisnis Online

Contoh Format RPP Kurikulum 2013 (K13)

Advertisement



                RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP ]

Sekolah                   :   SDN  KANIGORO 03
Kelas/ Semester       : I/ II
Tema                       :  7. Benda, Hewan,dan Tanaman di sekitarku
Sub Tema                :   7.1Benda Hidup dan Tak Hidup Disekitarku
Pembelajaran           : I
Materi Pokok          :   1.Klasifikasi Benda Hidup dan Benda tak Hidup
                                   2. Aturan Pengelompokan Benda
                                   3. Menulis Nama dan Lambang Bilangan 61 - 80
Alokasi Waktu         :   I Hari (5 x 35 menit)

       A.   Kompetensi inti
I.  Menerima dan menjelaskan agama yang dianutnya
2. Memiliki prilaku jujur,disiplin,tanggung jawab,perduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
    Keluarga,teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati,mendengar,melihat,membaca,dan me
    Nanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya makluk ciptaan Tuhan dan ciptaannya ,dan benda-       benda yang dijumpainyadi rumah dan sdi sekolah
4.  Menyajikan Pengetahuan Factual dalam Bahasa yang jelas dan logisdalam karya estetis
    dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat , dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku   anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar
Bahahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda      melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1 Mengenal Teks diskrftif tentang anggota tubuh dan panca indra wujud dan sifat benda, serta peristi
 dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1  Mengamati dan menirukan teks diskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra wujud dan sifat     bendan serta sifat benda siang dan malam secara mandiri dalam bahasa indonesia lesan dan tulus yang dapat di isi dengan kosa kata  bshssa daerah untuk membantu penyajian

Indikator

3.1.1 Mengidentifikasi benda berdasarkan teks deskriptif yang dibaca
3.1.2 Menceritakan kembali teks deskriptif yang dibaca tentang benda hidup dan benda tak hidup
3.1.3 Membaca teks deskriptif tentang benda hidup dan benda tak hidup
3.1.4 Memberikan  tanggapan tentang pengelompokan benda hidup dan benda tak hidup

PPKN

1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

Indikator

 3.2.1 Menjelaskan tata tertib dalam pengelompokkan benda
3.2.2  Berdiskusi mengenai tata tertib pengelompokkan benda.
 3.2.3 Menuliskan tata tertib pengelompokkan benda.

Matematika

2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas  
3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya

Indikator

3.2.1  Mengurutkan bilangan 61-80.
 3.2.2  Membilang banyaknya anggota benda dalam satu kelompok.
 3.2.3  Menuliskan nama bilangan banyaknya anggota benda dalam satu kelompok.
 3.2.4  Menuliskan lambang bilangan banyaknya anggota benda dalam satu kelompok.

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Setelah mengamati contoh, siswa dapat membaca teks deskriptif tentang benda hidup dan benda tak hidup dengan lancar.
2. Setelah membaca teks, siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan.
3. Setelah membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi benda hidup dan benda tak hidup dengan benar.
4. Setelah mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat mengelompokkan benda hidup dan tak hidup yang ada di sekitarnya dengan benar.
5. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan aturan pengelompokan benda dengan benar.
6. Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menentukan tata tertib pengelompokan benda dengan benar.
7. Setelah berdiskusi, siswa dapat menuliskan aturan pengelompokan benda dengan benar.
8. Setelah mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat mengurutkan bilangan 61 sampai 80 dengan benar.
9. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan banyak anggota benda dalam satu kelompok dengan benar.
10. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan nama bilangan yang menunjukkan banyak anggota benda dalam kelompok dengan benar.
11. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan lambang bilangan yang menunjukkan banyak anggota benda dalam satu kelompok dengan benar.

E MATERI AJAR

1.Klasifikasi Benda Hidup dan Benda tak Hidup
2. Aturan Pengelompokan Benda
3. Menulis Nama dan Lambang Bilangan 61 - 80

F. METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan : saintitifk
Metode   : diskusi




G. MEDIA ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  
1. Buku siswa
2. Kartu-kartu bergambar benda hidup dan benda tak hidup yang ada di sekitar sebanyak jumlah siswa (manusia, hewan, tumbuhan, dan gambar benda di sekitar)
3. Kotak/kardus bekas sebanyak dua buah, diberi label benda hidup dan benda tak hidup
4. Kartu nama dan lambang bilangan 61-80 sebanyak 4 set


H.KEGIATAN PEMBELAJARAN

KEGIATAN
1.       DISKRIPSI KEGIATAN
2.ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
-Guru memberikan salam dan mengajak berdua menurut kepercayaan masing-masing
- Guru mengecek kehadiran peserta didik dan menanyakan keadaan kesehatan siswa
-Guru mengajak siswa menyanyikan Bintang kecil

5 menit
Inti
Sesi ke 1
Tahap 1

Mengorientasikan peserta didik terhadap masalah

Guru memberikan penjelasan  mengenai jenis-jenis hewan yang ada disekitar.hewan memiliki karakteristik yang berbeda-beda.ada hewan yang buas dan ada yang jinak hewan yang jinak bisa dijadikan hewan peliharaan(mengamati)

Tahap 2

Mengorganisasi peserta didik untuk belajar

-          Siswa dibagi menjadi enam kelompok
-          Siswa mengamati gambar benda hidup dan tak hidup
-          Guru menyuruh siswa membedakan benda hidup dan tak hidup
-          Guru mendorong siswa agar bertanya tentang gambar yang diamati (menanya)

Tahap 3

Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok

Guru menyediakan fasilitas  untuk membantu siswa memecahkan masalah dengan menyajikan gambar-gambar tentang hewan


Tahap  4

 Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Siswa dibimbing guru untuk merumuskan hasil diskusi dalam bentuk yang menarik dan mereka sukai misalnya
Siswa diajak keluar kelas untuk melihat benda-benda yang ada diluar kelas dan didalam kelas kemudian siswa disuruh mengelompokkan benda hidup dan tidak hidup. (mengasosiasi)

Tahap 5

 menganalisis dan mengevaluasi prose pemecahan masalah
  Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi bagaimana cara siswa benda hidup dan tidak hidup(mengkomunikasikan)
Guru memberikan penguatan dengan cara penguatan benda hidup dan tidak hidup.
Hubungkan angka secara berurutan.
Mulailah dari angka yang paling kecil.


145





























Pendahuluan
-Guru memberikan salam dan mengajak berdua menurut kepercayaan masing-masing
- Guru mengecek kehadiran peserta didik dan menanyakan keadaan kesehatan siswa
-Guru mengajak siswa menyanyikan Bintang kecil

5 menit
Kegiatan inti

1. Siswa mendengarkan kembali penjelasan guru mengenai aturan pengelompokan. Setelah siswa dapat menentukan pengelompokan benda, ajak siswa menebak gambar benda dan menentukan gambar tersebut termasuk benda hidup atau tak hidup dengan cara menghubungkan angka 61-80 secara berurutan.
2. Sebelum mengurutkan angka, siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai nama dan lambang bilangan 61 sampai dengan 80.
3. Ajak siswa menyebutkan angka 61-80 secara bersama-sama.
4. Guru membantu menuliskan nama bilangan pada papan tulis, misalnya 61 = enam puluh satu, 72 = tujuh puluh dua.
5. Siswa bermain menentukan pasangan nama dan lambang bilangan 61-80.
6. Gunakan dua set kartu terlebih dahulu (atau disesuaikan dengan jumlah siswa yang ada). Jika jumlah siswa ganjil, guru bisa ikut serta dalam permainan tersebut.
7. Setiap siswa diberi satu kartu nama dan bilangan 61-80.
8. Guru memberi aba-aba permainan dimulai, dan siswa diminta mencari pasangannya. Misalnya siswa yang mendapat kartu bertuliskan angka 62, harus mencari temannya yang memiliki kartu bertuliskan enam puluh dua.
9. Siswa melihat hasil kerja temannya, dan memberi masukan jika ternyata masih keliru.
10. Setelah semua siswa mendapatkan pasangan, minta mereka berbaris berurutan mulai dari yang terkecil. Kegiatan bisa ditambah dengan meminta siswa mengurutkan mulai dari yang terbesar. Ayo Berlatih Gambar apakah ini? Apakah termasuk benda hidup atau tak hidup? Hubungkan angka secara berurutan. Mulailah dari angka yang paling kecil. 60 61 62 63 64 66 67 6568 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 Apa manfaat benda ini dalam kehidupan kita? 7 Subtema 1: Benda Hidup dan Benda Tak Hidup di Sekitarku Berikut ini adalah gambar kelompok benda. Berapa banyak anggota masing-masing kelompok? Jawablah sesuai contoh. Banyaknya kambing adalah 63 Ditulis enam puluh tiga Banyaknya pohon adalah .... Ditulis____________________ Ayo Berlatih 8 Buku Siswa Kelas SD/M Banyaknya tas adalah.... Ditulis____________________ Banyaknya kursi adalah.... Ditulis____________________ Orang tua membimbing siswa untuk berlatih menyebutkan benda hidup dan benda tak hidup yang ada di rumah. 9 Subtema 1: Benda Hidup dan Benda Tak Hidup di Sekitarku8 Buku Guru Kelas SD/M

11. Setelah permainan usai, siswa diminta menyelesaikan tugas menebak benda dengan cara menghubungkan angka 61-80 secara berurutan seperti yang ada pada buku siswa. Minta siswa menentukan gambar tersebut termasuk kelompok benda hidup atau bukan.
12. Kegiatan diakhiri dengan meminta siswa mengerjakan latihan pada buku siswa, yaitu menentukan banyaknya anggota kelompok benda dengan cara menuliskan
nama dan lambang bilangan


























Kegiatan penutup
-guru memberi kesempatan kepada beberapa peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
-Guru melakukan penilaian .
-Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan itu
-Guru menyampaikan pesan moral untuk selalu menghormati setiap
  Pendapat teman sekelompoknya .
-Salam dan doa penutup.
15 menit
  

H. PENILAIAN
Sikap yang dikembangkan
·         Disiplin dan peduli lingkungan


no
Nama siswa
Aspek yang dikembangkan
disiplin



Peduli lingkungan



1
2
3
4
1
2
3
4
BT
MT
T
M
BT
MT
T
BT
1
Adi








2
Beni








3
Dina










Keterangan (1) BT (BELUM TERLIHAT) ,( 2) MT (MULAI TERLIHAT) , (3) T (TERLIHAT), M (MEMBUDAYA)


Ketrampilan yang dikembangkan :

no
Nama siswa
Ketrampilan yang dikembangkan

Mengelompokkan benda
Mengurutkan bilangan
1



2



3









Mengetahui                                                                          Guru Kelas 1
Kepala Sekolah,                                                                 




MAHFUD SIDIK, S.Pd                                                         NURUL FITRIANA, S.Pd
NIP .19610101 19820101 1 039                                              NIP . -
                                                                          











Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Artikel Terkait Mengenai : Contoh Format RPP Kurikulum 2013 (K13)

Tampilkan Komentar
Hide comments

0 komentar:

Posting Komentar