Pipa Biru

Informasi Menarik | kesehatan | Gadget | Pendidikan | Wisata | Tips Dan Triks | Islam | Bisnis Online

Manfaat Tahi Lalat Bagi Kesehatan

Advertisement

Apakah Manfaat tahi lalat bagi kesehatan?

tahi lalat



bintik hitam bulat melekat di kulit, siapa yang tak kenal dengannya, tahi lalat. Sebelum bicara soal manfaat tahi lalat itu apa, sebenarnya tahi lalat itu apa sih? Apa iya kotoran lalat yang nempel di kulit pas kita masih bayi? Hadaahhh.. kalau iya itu lalatnya benar-benar tak beretika, toilet banyak kenapa harus pup di kulit kita coba...


Untunglah tahi lalat itu bukan beneran tahinya lalat, itu cuma istilah aja ya sob. Tahi lalat merupakan kumpulan beberapa melanosit pada satu tempat di kulit dan membentuk sebuah titik. Melanosit adalah adalah zat melanin yang dihasilkan oleh tubuh. Pada tubuh manusia terdapat zat warna yang menentukan warna kulit, yaitu karoten dan melanin. Karoten berfungsi memberi warna kekuning-kuningan pada tubuh sementara melanin berfungsi memberi warna coklat kehitaman. Meski umumnya melanosit tersebar merata di kulit, tapi ada beberapa melanosit yang tumbuh terkumpul pada satu tempat sehingga menimbulkan warna hitam pada tempat berkumpulnya tersebut, yang kemudian kita mengenalnya sebagai “tahi lalat”.

Oke, kita sudah tahu tahi lalat itu apa. Sekarang kita meluncur ke topik utama ya sob...

Apa sih manfaat tahi lalat? Jika ada banyak orang yang risih memiliki tahi lalat sebagian orang yang lain justru bersyukur memiliki banyak tahi lalat di kulitnya. Memang tahi lalat yang terus tumbuh di bagian tubuh tertentu kadang mengganggu penampilan dan membuat seseorang tidak percaya diri. Tapi tahukah sobat, ternyata memiliki tahi lalat itu ada manfaatnya loh...

Para peneliti di Inggris menemukan fakta bahwa orang yang memiliki banyak tahi lalat ternyata dilindungi secara genetik dari banyak kerusakan akibat waktu, dan cenderung memperlambat penuaan. Artinya, tahi lalat cenderung membuat orang awet muda karena terhindar dari kerutan.

Selain bermanfaat menunda keriput, mereka yang memiliki banyak tahi lalat juga mendapat keuntungan terhindar dari resiko osteoroporosis. King’s College London mengambil sampel 1200 kembar perempuan kembar berusia 18-79 tahun. Mereka yang memiliki tahi lalat lebih dari 100 di tubuhnya, ternyata memiliki tulang yang kuat, sehingga kecenderungan mengidap osteoporosis menurun 50% dari mereka yang bertahi lalat kurang dari 25.

Akan tetapi tahi lalat tidak selalu membawa manfaat, beberapa tahi lalat justru merugikan bagi tubuh. Tahi lalat yang patut diwaspadai karena membawa dampak negatif tubuh, yaitu tahi lalat yang makin melebar atau membesar ukurannya 5 cm dari ukuran awal dan terasa gatal. Bisa jadi kedua hal tersebut merupakan gejala penyakit kanker kulit.  Resiko kanker kulit lebih tinggi bagi mereka yang memiliki tahi lalat lebih banyak.

Hayooo.. mari kita menghitung tahi lalat masing-masing sob. Berhitung mulai ! hehehe...
Baca Juga: Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan dan Mengatasi Galau Saat Jomblo

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Artikel Terkait Mengenai : Manfaat Tahi Lalat Bagi Kesehatan

Tampilkan Komentar
Hide comments

0 komentar:

Posting Komentar