Pipa Biru

Informasi Menarik | kesehatan | Gadget | Pendidikan | Wisata | Tips Dan Triks | Islam | Bisnis Online

Misteri Langit 7 (Tujuh) Lapis Dalam Pandangan SAINS

Advertisement


langit 7 lapisan

Misteri Langit 7 (Tujuh) Lapis Dalam Pandangan SAINS - Ada banyak hal tentang alam semesta yang menjadi teka-teki kaitannya dengan ayat-ayat al-kitab yang menjelaskan tentang peristiwa alam. Kali ini saya tertarik dengan misteri langit 7 lapis dalam pandangan sains.

Istilah langit sap pitu (dalam Bahasa Jawa) sudah sangat sering saya dengar mulai saya belajar di TPA. Langit sap pitu maksudnya adalah langit 7 saf / lapis. Guru saya sering menjelaskan tentang langit itu ada 7 lapis. Dan saya terima mentah-mentah doktrin itu tanpa bertanya “benar atau tidak?”
Entah karena apa, tiba-tiba teringat akan hal itu dan timbul pertanyaan “ Kalau benar langit ada 7 lapis, apa buktinya secara ilmiah?”
Cara paling praktis dan paling hemat untuk mendapat jawaban tentu saja googling (please jangan nyengir). Surfing sana-sini dari beberapa website dan blog akhirnya saya mendapat jawaban dan hampir semuanya menyatakan hal yang sama.
Dalam Al-Qur’an dinyatakan bahwa langit terdiri dari tujuh lapis sebagaimana disebutkan dalam surah al-Baqarah ayat 29
”Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. dan Dia Maha mengetahui segala sesuatu.”
Dalam ayat lain disebutkan pula:
“”Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: "Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa". keduanya menjawab: "Kami datang dengan suka hati". Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa. Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan yang Maha Perkasa lagi Maha mengetahui.” (Fushshilat:11-12)
Pemahaman tentang “Langit”, ada yang mengartikan sebagai “langit bumi” maksudnya langit yang hanya menyelimuti bumi dan ada pula yang memahami langit sebagai ruang hampa antar planet dan galaksi. Adapun pengertian yang lebih luas lagi menurut ilmu astronomi bahwa langit adalah alam semesta yang tak terbatas (tidak diketahui batasnya) namun terhingga (ada akhirnya).
langit 7 lapis adalah atmosferDalam pembuktian sains, para ilmuwan mengemukakan bahwa bumi diselimuti oleh 7 lapisan langit atau biasa kita sebut atmosfer. Lapisan-lapisan tersebut berbeda dalam ciri-ciri fisik seperti tekanan dan jenis gasnya. Lapisan atmosfer yang terdekat dengan bumi disebut Troposper. Lapisan di atasnya disebut stratosper. Ozon merupakan bagian dari lapisan stratosper yang berfungsi menyerap radiasi sinar ultraviolet. Lebih atas lagi dikenal sebagai lapisan mesosfer. Suhu udara pada lapisan ini akan semakin berkurang dengan pertambahan ketinggian sampai lapisan keempat, termosfer. Meteor atau benda langit yang sampai ke bumi kebanyakan terbakar pada lapisan ini. Pada lapisan keempat, termosfer terjadi kenaikan temperatur yang cukup tinggi yaitu sekitar 1982 derajat Celcius. Di atasnya terdapat lapisan yang disebut Ionosfer dan lapisan terluar disebut eksosfer.

Jika dihitung jumlah lapisan yang dinyatakan dalam sumber ilmiah tersebut ada 7 lapis, yaitu: troposfer, stratosfer, ozonosper, mesosfer, termosfer, ionosfer dan eksosfer. Tip-tiap lapisan atmosfer ini memiliki fungsi masing-masing sesuai yang dijelaskan dalam ayat Al-Qur’an surat Fushshilat: 12 “...Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya.”

Dan itu adalah kebanyakan artikel yang saya temukan tentang misteri langit 7 lapis dalam pandangan sains. Meskipun banyak yang menyebutkan bahwa langit 7 lapis yang dimaksud dalam Al-Qur’an adalah atmosfer, saya merasa kurang puas dengan pandangan ini. Ketidakpuasan saya yang pertama adalah dalam surat Fushshilat ayat 12 disebutkan “...Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya” . Apakah di atmosfer kita terdapat bintang? Ataukah lapisan eksosfer dekat dengan bintang padahal jarak bintang dari bumi mencapau ratusan tahun cahaya?
Ketidakpuasan yang kedua adalah dalam peristiwa Isra’ Mi’raj Rasulullah saw melakukan perjalanan sampai menembus langit ketujuh dan bertemu dengan ruh-ruh sahabat dan nabi terdahulu yang telah wafat. Jika benar langit ketujuh yang dimaksud adalah atmosfer bumi, betapa mudahnya bagi manusia era sekarang untuk bisa menembus lapisan ketujuh tersebut. Ketidakpuasan ketiga, dalam data sains di atas sebenarnya tidak lengkap ada 7 lapisan. Lapisan ozonosfer atau lapisan ozon adalah lapisan yang terdapat dalam lapisan stratosper.

Jadi, pemahaman langit adalah atmosfer menurut saya kurang tepat. Pasalnya atmosfer adalah lapisan udara bukan lapisan langit. Saya lebih memahami langit sebagai ruang hampa yang ada di luar benda-benda langit atau yang disebut alam semesta. Perihal langit ada 7 lapis, lapisan tersebut bukan lapisan yang terlihat secara kasat mata akan tetapi berupa dimensi. Masing-masing lapisan memiliki dimensi yang berbeda dan tidak tampak secara nyata dengan mata telanjang.




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel Terkait Mengenai : Misteri Langit 7 (Tujuh) Lapis Dalam Pandangan SAINS

Show comments
Hide comments

1 komentar: