Pipa Biru

Informasi Menarik | kesehatan | Gadget | Pendidikan | Wisata | Tips Dan Triks | Islam | Bisnis Online

Penyebab Masuk Angin | Ternyata Bukan Angin Lho

Advertisement

Apa Penyebab Masuk Angin? Apakah Karena Kemasukan Angin?


masuk angin

Istilah satu ini nampaknya akrab sekali di telinga kita. Meskipun kerap kali mendengar bahkan merasakan yang namanya masuk angin, apakah sobat benar-benar tahu apa itu masuk angin? Benarkah masuk angin itu tubuh kita kemasukan angin?

Usut punya usut ternyata dalam dunia medis masuk angin itu hanya mitos lho kawan, alias tidak ada istilah masuk angin dalam dunia medis, akan tetapi faktanya banyak orang yang sering terkena masuk angin. Sebenarnya masuk angin bisa disebabkan oleh faktor organik dan non organik. Faktor organik bisa dibawa oleh virus atau bakteri yang gejalanya jika terkena virus atau bakteri ini seperti orang yang masuk angin. Sedangkan faktor non organik bisa disebabkan oleh kelelahan fisik, terlambat makan dan gangguan psikis atau stress pikiran.

Masuk angin bisa juga disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi makanan yang merangsang produksi gas. Misalnya, usus kecil berisi enzim laktase yang berfungsi untuk memecahkan laktosa dalam makanan. Jika tidak terdapat laktase yang cukup di dalam usus, laktosa tidak akan hancur sehingga tubuh terangsang memproduksi gas untuk fermentasi. Akan tetapi setiap orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap makanan tersebut. jika sobat sering masuk angin sebaiknya hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan yang dapat memicu masuk angin seperti pisang, brokoli, apel, pir, kubis, kacang polong.

Cuaca dingin (bukan angin) juga dapat memicu terjadinya masuk angin. Cuaca dingin yang menyergap tubuh menimbulkan mekanisme vasoconstriction atau penyempitan pembuluh darah. Penyempitan ini merupakan upaya tubuh untuk menjaga agar tidak terjadi pengeluaran kalori berlebihan dari tubuh sehingga tubuh tidak mengalami penurunan suhu atau hipotermia. Perihal perut kembung terisi gas, bisa terjadi akibat cuaca dingin yang menyebabkan perlambatan gerak peristaltik usus. Perlambatan ini yang menyebabkan gas tertampung di saluran cerna sehingga perut terasa kembung dan penuh. Karena terasa kembung dan penuh itulah timbul rasa mual dan ingin muntah.

Nah, sekarang sudah tahu kan sob apa penyebab masuk angin. Jadi masuk angin itu terjadi bukan karena kemasukan angin nakal yang menyusup ke tubuh kita tanpa permisi. Kadang kita yang awam berpikir bahwa masuk angin itu adalah tubuh yang kemasukan angin padahal faktanya masuk angin disebabkan oleh hal-hal seperti di atas yaitu telat makan, konsumsi makanan pemicu gas, kelelahan, stress dan paparan udara dingin. Jadi, kesimpulannya masuk angin hanyalah istilah atau penyebutan bagi gejala sakit seperti kembung disertai mual dan nyeri pada dada.  
Baca Juga: Fungsi / Kegunaan Ekor Bagi Hewan / Binatang

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Artikel Terkait Mengenai : Penyebab Masuk Angin | Ternyata Bukan Angin Lho

Tampilkan Komentar
Hide comments

0 komentar:

Posting Komentar