Pipa Biru

Informasi Menarik | kesehatan | Gadget | Pendidikan | Wisata | Tips Dan Triks | Islam | Bisnis Online

Europa, Bulan Jupiter yang Memiliki air, Bulan Lainnya Punya?

Advertisement

Europa, salah satu bulan Jupiter yang memiliki air. Apa mungkin bulan lainya juga punya?
Hidrogen dan oksigen sangat umum di tata surya, air dalam berbagai bentuknya sering ditemukan pada planet dan satelit. Banyak planet dan bulan di luar tata surya memiliki air es atau uap air.
(Sumber Gambar: http://viva.id)
Apa yang menarik tentang Europa adalah bahwa mungkin ada air cair di bawah es. Sementara air es tidak mendukung kehidupan yang baik, jika ada air cair di Europa maka mungkin ada beberapa bentuk kehidupan di sana juga. 
Menemukan kehidupan apapun di planet lain atau bulan akan menjadi penemuan luar biasa. Para ilmuwan di NASA dan di tempat juga mengeluaran banyak usaha untuk mencari bukti kehidupan extra-terrestrial; itu adalah topik yang menarik bagi banyak orang.
Nah ada cukup air di tata surya. Bahkan, Hidrogen, H H 2 O adalah unsur yang paling melimpah di alam semesta. Dan oksigen tidak jauh di belakang (ke-4 unsur yang paling melimpah). Sebuah potensi, jika kondisinya tepat untuk H dan O datang bersama-sama untuk membentuk H 2 O. Komet terdiri dari air dalam keadaan padat (es) dan diperkirakan bahwa ada triliunan komet dalam tata surya. Sehingga air cukup melimpah sebagai bahan tata surya !!!
Semua satelit Galilea Jupiter kecuali Io memiliki banyak air yang ada seperti es atau mungkin sebagai cairan (air). Karena tubuh ini sangat jauh dari matahari, yang terlalu dingin untuk memiliki air cair di permukaan. Namun, lebih dalam bulan-bulan (Europa, Callisto dan Ganymede) itu lebih panas karena seperti di Bumi, panas dari interior dalam yang tersisa dari saat planet dan bulan terbentuk seperti bertolak ke permukaan. Oleh karena itu pada kedalaman beberapa kilometer (1 mil = 1,6 kilometer) di bawah permukaan, suhu yang cukup tinggi membuat air es menjadi cair !. Yang ada di bawah permukaan lautan air yang luas di Europa dan mungkin juga pada Callisto dan Ganymede !!  

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel Terkait Mengenai : Europa, Bulan Jupiter yang Memiliki air, Bulan Lainnya Punya?

Tampilkan Komentar
Hide comments

0 komentar:

Posting Komentar