Pipa Biru

Informasi Menarik | kesehatan | Gadget | Pendidikan | Wisata | Tips Dan Triks | Islam | Bisnis Online

Apakah Matahari Bisa Meledak? Apa yang Terjadi?

Advertisement

Apakah matahari akan meledak? Dan apa yang terjadi jika matahari meledak?

Matahari diperkirakan akan berubah menjadi raksasa merah sekitar 5 miliar tahun mendatang. Pada saat itu, matahari jauh lebih panas, dan lapisan luar matahari akan memperluas dan menjadi lebih dingin dari yang ada sekarang, tapi tidak ada yang benar- benar yakin akan hal ini. Meskipun suhu lapisan luar matahari akan jauh lebih dingin dari yang ada sekarang, tetap saja terlalu panas untuk kehidupan ada di Bumi. Semua lautan akan mendidih; atmosfer akan hilang juga.


(Sumber Gambar: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/35/The_Sun_in_extreme_ultraviolet.jpg)

Kita tidak perlu khawatir tentang ini! Tapi... jika Tuhan dengan kekuasaannya menghendaki hancur, maka hancurlah.

Matahari sekarang di tengah-tengah siklus hidupnya, dan akan meledak sekitar 4-5 miliar tahun mendatang. Dalam beberapa ratus juta tahun sebelum ledakan, matahari akan membengkak dan menjadi raksasa merah sebesar orbit bumi. Oleh karena itu matahari bisa menelan bumi.

Sekali lagi jangan khawatir, sungguh waktu  yang lama jika dihitung dari sekarang, dan jika peradaban kita bertahan bahkan sampai jutaan tahun kita pasti akan memiliki cara untuk memindahkan bumi untuk keselamatan kita. Tapi... Jika Tuhan menghendaki musnah pastilah musnah Dan Ia Maha Mengetahui atas segala sesuatu.

Jika manusia membunuh dirinya sendiri dan tidak ada makhluk lain berkembang dengan kecerdasan yang tinggi, maka Bumi akan berada dalam kesulitan. Matahari perlahan- lahan semakin panas, dan mungkin menyebabkan iklim mematikan bergeser beberapa ratus juta tahun dari sekarang jika tidak ada di sini yang bisa memindahkan Bumi.

Sebuah ledakan matahari tidak akan terlihat mengesankan dengan standar astronomi. Bintang-bintang besar terbakar sangat cepat dan membuat kembang api yang keren, yang disebut supernova. Ledakan ini terlihat di seluruh alam semesta, bisa saja lebih cemerlang dari galaksi seluruh 100 miliar bintang.

Dalam abu mereka, mereka meninggalkan benda- benda aneh seperti bintang neutron (sesendok bintang neutron yang berat seperti sebuah kapal induk) dan lubang hitam (lubang gravitasi baku yang tak ada cahayanya). Sebuah ledakan supernova bisa menggoreng semua peradaban di sekitar bintang di dekatnya, tetapi mereka juga dapat menciptakan kehidupan, karena reaksi nuklir mereka bertanggung jawab untuk menciptakan semua elemen berat di alam semesta.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel Terkait Mengenai : Apakah Matahari Bisa Meledak? Apa yang Terjadi?

Tampilkan Komentar
Hide comments

0 komentar:

Posting Komentar