Pipa Biru

Informasi Menarik | kesehatan | Gadget | Pendidikan | Wisata | Tips Dan Triks | Islam | Bisnis Online

Asal Usul Watu Dodol Di Banyuwangi

Advertisement

Watu Dodol Adalah Obyek Wisata di Banyuwangi yang terletak di Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Dari Banyuwangi menuju Watudodol adalah 14 km jaraknya dan hanya 5 km dari pelabuhan Ketapang. daerah ini digunakan sebagai tempat istirahat, dan biasanya pantai Watudodol ini penuh dengan wisatawan lokal di akhir pekan atau hari libur.
Ketika menempuh perjalanan ke Bali atau Lombok dengan bus atau mobil pribadi, tentunya kita tidak boleh melewatkan untuk mengunjungi Pantai Watu Dodol. Pantai ini terletak di sisi utara Banyuwangi sebelum Pelabuhan Ketapang. Jadi, jika ingin mencapai pantai ini, harus mengambil jalur utara (Pantura Jalur) dulu. Ada batu yang sangat besar antara pantai dan jalan.
Mengapa orang Banyuwangi menyebutnya "Watu Dodol"? Menurut waga setempat, Konon, batu besar ini berasal dari barang jualan Semar yang terjatuh di tempat itu. Semar adalah salah satu karakter dalam pertunjunjukan Wayang. Sementara beras yang dibawa Semar tumpah keluar dan menjadi pasir di sekitar Watu Dodol. Orang-orang mengatakan, yang dibawa Semar adalah kayu kelor, dilemparkan dan menusuk di sela-sela batu besar yang disebut Watu Dodol. 
Photo by: digitalinspirasi.wordpress.com
Agak sedikit aneh karena ada pohon kelor tumbuh di sela-sela batu besar. Yang saya tahu, bagi masyarakat Banyuwangi kelor merupakan senjata untuk menyembuhkan dan meringankan dari pengaruh mistis seperti ilmu hitam yang mungkin menyerang. Dengan menggunakan kelor, masyarakat Banyuwangi percaya, Ilmu hitam dan sejenisnya akan hilang dan memudar.
Watu Dodol sangat indah, kita dapat melihat Pulau Bali , Dari pantai. Ada air tawar yang dekat pantai seperti sungai kecil. Air ini tidak asin meskipun sangat dekat dan bercampur dengan air laut (yang asin), tidak ada rasa asin dalam air ini. Kalau penasaran silahkan datang ya :)

Photo by: indonesia-tourism.com

    Jika mengunjungi  di Banyuwangi, wajib berhenti dulu di Watudodol. Banyak hal-hal menarik di sini. Para pengunjung bisa menikmati panorama laut, atau bahkan jalan-jalan ke bukit yang terletak di seberang jalan. Selain patung Gandrung dan pantainya yang indah, pulau Bali sudah nampak dari sini. Anda dapat melihat feri menyeberang dari pelabuhan Ketapang ke Gilimanuk. Berhenti di tepi pantai, di sepanjang jalan ada banyak orang berjualan. kita juga dapat mandi di pantai, atau berlayar dengan perahu nelayan.

    Share on Facebook
    Share on Twitter
    Share on Google+
    Tags :

    Artikel Terkait Mengenai : Asal Usul Watu Dodol Di Banyuwangi

    Tampilkan Komentar
    Hide comments

    0 komentar:

    Posting Komentar