Pipa Biru

Informasi Menarik | kesehatan | Gadget | Pendidikan | Wisata | Tips Dan Triks | Islam | Bisnis Online

Wisata Pantai Mbangko'an di Watulimo - Trenggalek

Advertisement

Jika anda mendengar tentang Trenggalek, mungkin ingatan anda akan tertuju pada keindahan wisata pantainya. Ya, Trenggalek memang memiliki banyak pantai yang indah dan eksotis. Pantai-pantai yang menjadi icon wisata di Trenggalek diantaranya ada PantaiPrigi, Pantai Karanggongso (Pasir Putih), Pantai Damas dan juga Pantai Pelang. Ketiga pantai yaitu Pantai Prigi, Pasir Putih dan juga Damas terletak di KecamatanWatulimo sementara Pantai Pelang terletak di Kecamatan Panggul.
Bagi warga Trenggalek dan sekitarnya, mungkin anda sudah biasa berlibur dan menikmati keindahan di pantai-pantai tersebut. Tapi tahukah anda, ada satu lagi wisata pantai di Trenggalek yang tak kalah menawan dari Pantai Karanggongso maupun Pantai Prigi. Adalah Pantai Mbangko’an, pantai yang terletak tak jauh dari Pantai Karanggongso. Pantai ini baru dibuka bulan Desember 2014 lalu atas inisiatif dari masyarakat sekitar yang bekerjasama dengan Perhutani untuk menjadikan pantai ini sebagai daerah wisata baru di Trenggalek.
Seperti pada umumnya pantai, di Mbangko’an juga ada air laut, pasir, dan juga perahu. Tapi ada yang berbeda dari Pantai Mbangko’an dan tentu saja ini yang yang menjadi daya tarik yang wajib anda ketahui dari pantai satu ini. Jika Karanggongso memiliki pasir putih, Mbangko’an pun juga demikian. Bahkan Pantai Mbangko’an merupakan pesisir pantai yang tidak hanya terdiri dari satu pantai saja. Selain Pantai Mbangko’an ada 3 pantai lain yang terletak tidak jauh darinya. Dengan berjalan kaki sekitar 200 meter dari Pantai Mbangko’an, kita sudah mencapai spot yang kedua yaitu Pantai Watu Lunyu.
Kenapa disebut Watu Lunyu? Dibanding pesisir Pantai Mbangko’an yang dipenuhi dengan hamparan pasir putih, di Watu Lunyu justru banyak ditemui batu dan kerikil terhampar di tepian pantai tersirami ombak-ombak laut. Kondisi pantai yang dipenuhi batu dan kerikil basah inilah yang mungkin menjadikan pantai ini dinamai Watu Lunyu.
Meninggalkan Pantai Watu Lunyu, kita menuju ke spot yang ketiga yaitu Pantai Peden Ciut. Lagi-lagi penulis dibuat takjub dengan pemandangan pantai di pesisir Mbangko’an ini. Jika Watu Lunyu dipenuhi kerikil basah, di Peden Ciut kita akan disuguhi pemandangan pasir putih yang bersih dan lembut. Ada bongkahan-bongkahan batu yang tersusun alami nan cantik di sebelah kanan pantai yang disebut Watu Mahong. Sangat cocok jika dijadikan tempat untuk berselfie. Di atas Watu Mahong tersebut tumbuh tanaman buah yang dinamakan buah Mahong. Berbentuk bulat kecil dengan kulit berwarna merah. Daging buah berwarna putih dan rasanya agak manis. Secara fisik maupun rasa, buah Mahong hampir mirip dengan kelengkeng.
Spot terakhir yaitu Pantai Mbesetan. Pasir putih disini lebih luas dan banyak terumbu karang yang terhampar di atasnya. Dari Pantai Mbangko’an sampai Pantai Mbesetan, sejauh mata memandang akan kita temui dua pulau kecil di tengah laut yaitu Rembeng dan yang sedikit lebih besar bernama Kumbo Karno. Dari Mbesetan, dua pulau ini akan terlihat lebih jelas karena jarak yang lebih dekat dari ketiga pantai yang lain.
Pemandangan di sepanjang pesisir Pantai Mbangko’an mungkin akan menjadi objek foto yang cantik bagi anda yang gemar fotografi alam. Terlebih jika laut dalam keadaan surut, kita dapat melihat pasir putih yang memanjang dari ujung Pantai Mbangko’an sampai ke Mbesetan. Berjalan menyusuri pantai tentu menjadi kegiatan mengasyikkan, apalagi sambil menikmati sunset atau sunrise.
Selain disuguhi kecantikan pantai, disini kita juga bisa melakukan aktivitas lain yang lebih mengasyikkan seperti snorkeling. Terumbu karang disini masih terjaga dan juga utuh, sangat memanjakan untuk berwisata bawah laut. Ada juga tempat penangkaran benih lobster, dan juga wisata perahu yang bisa membawa anda menikmati keindahan pesisir Pantai Mbangko’an sampai ke Pantai Karanggongso cukup dengan biaya 300 ribu rupiah per perahu.
Fasilitas yang ada di Pantai Mbangko’an sementara masih berupa kamar ganti dan juga kios. Untuk menikmati keindahan alam di pesisir Pantai Mbangko’an ini, anda hanya akan dikenakan tiket masuk sebesar 5000 rupiah per orang. Tidak mahal bukan jika dibandingkan dengan apa yang akan anda dapatkan. Jika ingin trip anda ke Pantai Mbangko'an lebih seru, anda bisa menyewa jasa tour organizer yang profesional dan tentunya dengan biaya yang hemat. Silakan mengunjungi website Alen-alen Tour and Adventure, yang menawarkan paket wisata murah di kota Trenggalek.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Artikel Terkait Mengenai : Wisata Pantai Mbangko'an di Watulimo - Trenggalek

Show comments
Hide comments

1 komentar: