Pipa Biru

Informasi Menarik | kesehatan | Gadget | Pendidikan | Wisata | Tips Dan Triks | Islam | Bisnis Online

Gemuk; Keturunan Atau Gaya Hidup?

Advertisement

obat-gemuk-mengatasi-gemuk-obesitasGemuk; Keturunan Atau Gaya Hidup? – Dikutip dari sebuah artikel terbitan New York Post, dituliskan bahwa selain faktor gaya hidup dan lingkungan ternyata gemuk juga dipengaruhi oleh faktor genetik. Artikel berjudul Battle Your Biology? Fat Chance!, menjelaskan bahwa kegemukan seseorang bisa jadi merupakan warisan atau dengan kata lain adalah karena faktor keturunan.
Dr. William H. Sheldon, psikolog asal Harvard, mengembangkan sistem klasifikasi tubuh berdasarkan jenis tubuh yang disebutnya somatoyping. Ada 3 tipe tubuh yang berbeda yaitu ectomorph, mesomorph dan endomorph.
Ectomorph yaitu tipe tubuh yang cenderung kurus meskipun mengonsumsi banyak makanan. Hal ini dikarenakan proses metabolisme yang cepat lemak tubuh yang rendah.
Endomorph adalah tipe tubuh yang paling mudah menglami kegemukan. Tipe ini cenderung mudah menimbun lemak dan memilik massa otot yang yang sedikit. Sehingga ketika mereka mengonsumsi makanan meskipun dalam ukuran yang relatif wajar mereka akan mudah mengalami kegemukan.
Mesomorph merupakan tipe tubuh yang atletis. Ketika mengonsumsi banyak makanan orang dengan tipe tubuh mesomorph akan memiliki tubuh yang padat. Tipe inilah yang paling mudah untuk menambah massa otot. Kadang kita mendapati orang dengan ukuran tubuh yang sama ternyata memiliki berat yang beda. Hal ini mungkin dikarenakan oleh perbedaan tipe tubuh yang salah satunya adalah mesomorph. Mereka yang bertubuh mesomorph tidak nampak begitu gemuk meskipun berat badan mereka lebih dari yang terlihat.
Dari ketiga tipe di atas kita tahu bahwa tipe tubuh menentukan gampang tidaknya seseorang mengalami kegemukan. Jika kita keturunan endomorph, maka sangat mungkin dan sangat masuk akal apabila kita mudah mengalami kegemukan.
Bukankah seringkali kita dapati orang kurus yang sangat gemar makan tapi tak kunjung gemuk atau sebaliknya?
Kecenderungan gemuk pada tipe endomorph juga bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon Ghrelin. Hormon ghrelin adalah hormon yang diproduksi oleh lambung yang merangsang rasa lapar. Ghrelin lah tersangka utama yang memicu akumulasi lemak terutama di daerah perut yang berpotensi menyebabkan tekanan tinggi hingga dibetes tipe 2.
Kesimpulannya,
Gemuk bisa jadi bukan hanya dikarenakan oleh pola makan berlebih akan tetapi bisa disebabkan oleh faktor internal dari dalam tubuh seperti hormon ataupun faktor genetik. Jika keluarga anda kebanyakan gemuk bisa jadi kegemukan tersebut karena faktor genetik bukan saja karena pola makan dan lingkungan semata.
Sumber:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel Terkait Mengenai : Gemuk; Keturunan Atau Gaya Hidup?

Tampilkan Komentar
Hide comments

0 komentar:

Posting Komentar