Pipa Biru

Informasi Menarik | kesehatan | Gadget | Pendidikan | Wisata | Tips Dan Triks | Islam | Bisnis Online

Menumbuhkan Percaya Diri Seorang Introvert

Advertisement

Menumbuhkan Percaya Diri Seorang Introvert – Masih sebel nggak sih terlahir sebagai seorang introvert? yang dikit-dikit nggak pede, nggak pandai bergaul atau nggak pandai bicara. Emang nggak semua introvert kayak gitu, tapi rata-rata sih gitu. Kalian juga?
Menurut analisa gw, rasa tidak percaya diri introvert itu disebakan karena kecenderungan dari introvert itu sendiri.
Gini, kebanyakan introvert adalah individu yang pendiam. Karena tidak terbiasa banyak omong, mereka jadi nggak terbiasa ngomong panjang lebar dan menjelaskan sesuatu secara mendetail terlebih lagi jika di depan publik.
Introvert itu adalah individu yang menyukai kesendirian. Maka, nggak jarang introvert itu jarang bersosialisasi, berorganisasi dan berkumpul dengan banyak orang. Kalau pun harus bersosialisasi itu juga nggak lama, yang namanya introvert pasti pengen cepet-cepet balik ke kamar dan menikmati kesendiriannya. Terus di kamar ngobrol sama bantal guling, hahaha... itu kalo gw.
So, bisa jadi karena jarang bersosialisasi inilah introvert jadi nggak pede untuk ketemu banyak orang, apalagi ngobrol dengan orang baru.
Gw sendiri kadang ngerasa kikuk kalau dihadapkan pada situasi baru, dengan orang-orang baru, terlebih jika mereka adalah ekstrovert semua. Ngerasa kecil banget dan nggak keliatan sama sekali oleh mereka. Minder mode on lah.
Tapi gw jadi mikir. Iya, mikir. Beneran loh, gw bisa mikir juga :D
Tiap orang tu sebenernya punya rasa tidak percaya diri pada situasi dan kondisi tertentu. Yang membedakan adalah, cara kita menghadapi ketidakpercayadirian itu. Apa kita menyerah, atau kita melawan.
Berikut tips menumbuhkan rasa percaya diri untuk introvert. Peringatan!!! Tips ini diangkat dari kisah nyata, apabila ada kesamaan nama tokoh, setting atau alur cerita, maka itu semua berhubungan dengan saya. Hwehehe...
1.    Ikut komunitas
Duuuh.. gimana sih ni orang, kan introvert nggak terlalu suka bergaul. Eits, tapi tunggu dulu. Gimana kalo kumpulnya sama orang introvert juga, dan yang penting satu hobi/ minat. Dijamin betah deh lama-lama sama mereka, kumpul-kumpul ngobrolin hal-hal yang jadi kesukaan. Sesama introvert ngerti kebutuhan masing-masing kok, paling nggak punya kebiasaan yang sama, diem n merenung. Iya too..?
Gw sendiri kalo ngobrol sama sesama introvert sejauh ini nyaman-nyaman aja dan nggak pernah ngerasa nggak pede. Bersama mereka gw bisa all out, ngobrol dan berpolah tingkah SKAHA. Lewat komunitas (baca: geng introvert,haha) gw berusaha buat ngembangin diri, kayak misalnya belajar berbicara, diskusi, menyampaikan pendapat, belajar mengenal karakter, dan banyak hal. Ini gw jadiin bekal buat lebih percaya diri terutama ketika berhadapan dengan ekstrovert. Ini kok kesannya kayak pertarungan introvert dan ekstrovert yak jadinya, haha...
2.    Kembangkan potensi diri
Nah, ini dia yang jadi penolongmu, penolongku, dan penolong orang-orang introvert. Saat dunia memandang kita sebelah mata karena kita bukan orang yang menarik dan cenderung pendiam, maka bakat kita-lah yang jadi senjata. Senjata untuk menunjukkan bahwa kita juga bisa, kita juga mampu. Mungkin kita kurang berkesan dalam pergaulan, nggak pandai dalam merangkai kata (ceilaaah bahasanya), dan bla bla bla. Tapi kita berkesan bagi orang lain dengan bakat kita, kayak bermain musik, nyanyi, ngegambar, acting, desain, nyuri, ngrampok, nyopet, ato apalah. Kalau ada adegan berbahaya jangan ditiru lho ya, haha.
3.   Blogging
Lho kok blogging gan?
Ini gw rasain sendiri, sejak blogging gw jadi ngerasa agak pedean. Nggak tau kenapa, mungkin karena terbiasa nulis nih. Secara nggak langsung gw terbiasa ngomong, mengeluarkan isi pikiran dan berpendapat secara bebas.
Ngeblog juga bikin kita banyak membaca (nulis artikel kadang juga butuh referensi lho). Dari situ pikiran gw jadi terbuka, dan menemukan banyak tulisan-tulisan inspiratif dari para blogger lainnya. So, ngeblog bisa dicoba lho sob.
Udah deh ya, itu dulu. Belom tau apalagi, udah ngantuk juga. Idung udah menguap-nguap nih daritadi,haha somplak nih gw...  dilanjut laen hari kalo udah nemu tips lagi.

Posted by 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel Terkait Mengenai : Menumbuhkan Percaya Diri Seorang Introvert

Tampilkan Komentar
Hide comments

0 komentar:

Posting Komentar