Pipa Biru

Informasi Menarik | kesehatan | Gadget | Pendidikan | Wisata | Tips Dan Triks | Islam | Bisnis Online

Hal-Hal Istimewa dari Kepribadian Introvert

Advertisement

Hal-Hal Istimewa dari Kepribadian Introvert – Sekilas, kalau berbicara tentang ekstrovert dan introvert, orang yang cenderung memiliki sifat introvert seringkali takut dikatakan sebagai “introvert”. Kenapa? Buruk kah, memalukan kah jadi introvert?
keistimewaan-introvertSebelum bicara lebih jauh tentang introvert, sebenarnya ada 1 kategori lagi yaitu ambivert. Tapi untuk ambivert ini menurut aku sedikit ambigu dan abu-abu karena ada diantara introvert dan ekstrovert. Ambivert ini bisa jadi pelarian bagi mereka yang mungkin [ogah] mengatakan diri sebagai introvert maupun ekstrovert. Makanya, kita ngomongin yang jelas-jelas aja,hehe..
Introvert, it’s such a bad personality. Benar begitu? Mereka (introvert), kaum yang suka menyendiri, pendiem, nggak begitu suka bergaul, mencintai dunia pemikiran, imajinasi dan konsep. Salah emang?
Inget, dunia ini dihuni oleh banyak kaum introvert lho. Introvert itu mainstream dan itu suatu kewajaran.
Tidak ada yang salah dengan kepribadian introvert hanya karena mereka pendiem dan suka menyendiri. Memang disitulah saat-saat charging energi mental bagi mereka.
Masalahnya sekarang,  banyak yang menganggap pribadi introvert itu tidak menarik dan tidak potensial. Bahkan introvert sendiri merasa demikian. Saya contohnya, hehe..
Kadang berpikir, kenapa Tuhan menghadirkan karakter introvert pada sebagian makhluk-Nya? Sementara kalau dilihat-lihat introvert itu membosankan, sukar membawa diri dalam pergaulan, nggak menarik, dan bla bla bla.
Tapi aku salah. Introvert pun ternyata punya sesuatu yang istimewa, mereka memiliki kelebihan yang mungkin tidak dimiliki oleh kaum ekstrovert. Apa saja sih kelebihan sifat introvert, yuk simak...
1.    Pendengar yang baik: Kalau orang-orang ekstrovert pandai berbicara, orang introvert justru baik dalam hal mendengarkan. Iya, introvert emang lebih suka dan lebih banyak mendengar ketimbang berbicara. Terus ini disebut keistimewaan orang introvert gitu? Ya barangkali, hehe...

2.    Mulai agak serius, keistimewaan yang kedua adalah daya imajinasi yang tinggi. Ini baru bisa dibanggakan sob. Kenapa? Daya imajinasi yang kuat bisa menciptakan kreatifitas yang tinggi lho .. dan juga, ini bisa membuat pemikiran menjadi kritis akan berbagai permasalahan.

3.    Selanjutnya, kecenderungan introvert yang suka akan dunia konsep dan pemikiran membuat mereka memiliki daya analisa yang kuat. Dalam menyelesaikan masalah orang introvert lebih berorientasi ke dalam pemikiran mereka sendiri, mereka bertanya dan menemukan jawaban dari hasil komunikasi intrapersonal dengan dirinya sendiri. Karenanya, orang introvert jarang sekali bertanya, karena emang lebih prefer berpikir dan menemukan jawaban sendiri ketimbang langsung bertanya pada orang lain.

4.    Pencipta suasana tenang: Pernah ngebanyangin nggak sih kalau dalam satu ruangan diisi oleh orang ekstrovert semua? Dan semuanya adalah kaum ekstrovert yang sangat doyan ngomong? Pasti rame banget kan kayak pasar. Nah, itu dia fungsi orang introvert jadi penetralisir suasana agar berbaurnya orang introvert dengan ekstrovert bisa jadi penyeimbang.

5.    Mahir dalam bidangnya: Orang introvert itu lebih suka bekerja dalam bentuk tindakan ketimbang harus cuap-cuap secara lisan. Dan, ketika sudah mempunyai ketertarikan dan kemampuan pada suatu bidang tertentu mereka akan sangat mahir dalam pekerjaannya tersebut.

6.    Terkesan cuek, cool dan misterius: Nggak tau sih ini bisa digolongkan kelebihan orang introvert atau tidak. Tapi, karena sifat pendiemnya orang introvert terkadang bikin orang lain jadi penasaran. Terlebih mereka yang diemnya keterlaluan, kalau belum dipukul sama palu belum ngomong. Hehe..

Oke, itu saja keistimewaan orang introvert menurut Pipa Biru. Maaf kalau garing, ini sekedar sharing, muehehehe...


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Artikel Terkait Mengenai : Hal-Hal Istimewa dari Kepribadian Introvert

Tampilkan Komentar
Hide comments

0 komentar:

Posting Komentar