Pipa Biru

Informasi Menarik | kesehatan | Gadget | Pendidikan | Wisata | Tips Dan Triks | Islam | Bisnis Online

Mengenali Bisnis Online Yang Scam (Menipu)

Advertisement


Mengenali Bisnis Online Yang Scam (Menipu) – Fenomena bisnis online memang tidak bisa dihindari lagi di era modern seperti saat ini. Terlepas dari kajian agama tentang bagaimana hukumnya, yang juga patut kita pertimbangkan adalah amanah atau tidaknya suatu bisnis online (BO). Jangan sampai kita tertipu oleh BO SCAM hanya karena tergiur dengan iming-iming cepat kaya bermodalkan gratis dan tanpa kerja keras.
Kenapa Banyak Orang Tertipu Bisnis Online Abal-Abal?
Kebanyakan penyebabnya adalah karena para pelaku BO utamanya pemula seringkali termakan kata-kata promosi. Obsesi untuk cepat sukses dimanfaatkan pihak tidak bertanggung jawab dengan mengiming-imingi calon member “menjadi kaya dalam waktu singkat dan tanpa kerja keras“.
BO SCAM
Lalu, Bagaimana Cara Mengetahui Bisnis Online Yang Scam ?
A.   Lihat Desain Websitenya
Kenapa perlu menilai tampilan websitenya? kelihatannya sepele, tapi dari tampilan web-nya saja pasti anda bisa menilai mana yang profesional dan mana yang bukan. Ciri-ciri tampilan web BO scam :
·           Tulisan warna-warni. Misal paragraf pertama berwarna hijau, paragraf kedua kuning, dsb.
·           Layout yang membuat mata sakit. Pengaturan content seringkali tidak indah dipandang mata. Biasanya artikel dibuat rata dimana-mana, kadang rata tengah, kadang rata kiri atau rata kanan. Seringkali terdiri dari satu halaman saja, tidak ada menu navigasi yang mengarahkan member ke halaman khusus.
·           Background web yang lempeng. Maksud “lempeng” disini adalah hanya berlatar belakang warna hitam atau putih maupun warna lain yang solid. Sama sekali tidak ada nilai artistiknya.
·         Ada Tidaknya Forum. Forum biasanya digunakan oleh para member suatu BO untuk saling sharing pengalaman atau menyuarakan sesuatu berkaitan dengan BO tersebut. Kalau BO tidak memiliki forum, bisa jadi BO tersebut menutupi kinerjanya alias tidak transparan kepada member.
B.   Perbanyak Mencari Referensi Dan Review
Ini adalah langkah penting ketika anda ingin memutuskan untuk ikut sebuah BO, terutama yang berjenis investasi. Perkaya diri dengan review dari orang-orang yang telah memiliki banyak pengalaman terhadap BO tersebut. Jika banyak orang merekomendasikan, bisa jadi BO tersebut memang amanah. Tapi jangan dulu terburu-buru mengambil kesimpulan. Langkah berikutnya adalah...
C.   Cek Reputasi BO
Selain melihat review dari para senior, langkah selanjutnya adalah mengecek reputasi web dan tingkat popularitasnya di dunia maya. Cari tahu tingkat keamanan BO lewat website khusus seperti scamadviser.
D.   Waspada Iming-Iming Yang Berlebihan
Jika suatu BO menawarkan gaji yang tinggi dengan porsi kerja yang sama dengan BO lain, anda pantas untuk curiga. Logis kah jika misalnya anda digaji $10 per hari hanya dari copy paste sederhana? Kalau ringan kenapa tidak dikerjakan pihak perusahaannya sendiri, kenapa juga harus membayar orang lain untuk pekerjaan yang sepele. Tidak masuk akal bukan?!

Kelima hal tersebut saya peroleh dari pengalaman pribadi dan juga review dari beberapa senior BO. Jadi, agar anda terhindar dari BO scam sebaiknya anda tidak terlalu berpostif thinking meskipun BO tersebut populer. Semoga dengan ditulisnya artikel ini bisa membantu anda mengenali ciri-ciri BO scam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel Terkait Mengenai : Mengenali Bisnis Online Yang Scam (Menipu)

Show comments
Hide comments

1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus