Pipa Biru

Informasi Menarik | kesehatan | Gadget | Pendidikan | Wisata | Tips Dan Triks | Islam | Bisnis Online

Mari Tahu Asal Usul Jabat Tangan

Advertisement




Mari Tahu Asal Usul Jabat Tangan –
Jabat tangan atau dalam Bahasa Inggris biasa disebut “handshake” merupakan suatu kebiasaan yang hampir setiap orang pernah melakukannya. Berjabat tangan seringkali dilakukan ketika bertemu dengan seseorang atau pun ketika akan berpisah. Karena terlalu terbiasanya “jabat tangan” sampai-sampai kita lupa untuk bertanya 

bagaimana sih awal mula budaya jabat tangan itu?

Kenapa ketika bertemu atau berpisah kita seringkali menjabat tangan orang, kenapa tidak mengucap salam perpisahan atau gerak simbolik yang lain?

Well, let’s talk about history,...
Berjabat tangan atau handshake dianggap sebagai simbol serah terima kekuasaan dari dewa atau Tuhan kepada penguasa duniawi. Dalam tulisan Mesir kuno , jabat tangan berarti “memberi”, dengan tangan dewa yang diulurkan. Merujuk pada sejarah itulah di Babylonia, pengalihan kekuasaan pada raja berikutnya dilakukan dengan cara tang yang diulurkan. Raja waktu itu selalu menggenggam tangan Dewa Marduk, dewa peradaban. Konon, tradisi ini berlangsung bertahun-tahun dan rutin dilakukan saat festival tahun baru dimulai.
Jika di atas jabat tangan berawal dari simbol serah terima kekuasaan dewa pada raja, lain lagi dengan sejarah jabat tangan versi rakyat. Pada cerita rakyat jaman dulu, jabat tangan dilakukan pertama kali oleh dua orang petani yang satu sama lain tidak saling kenal. Mereka pun tiba-tiba mengulurkan tangan kanan masing-masing dan saling menggenggam ketika mereka bertemu. Jabat tangan tersebut sebagai tanda bahwa keduanya tidak saling membawa senjata tersembunyi dan menginginkan perdamaian.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel Terkait Mengenai : Mari Tahu Asal Usul Jabat Tangan

Tampilkan Komentar
Hide comments

0 komentar:

Posting Komentar