Pipa Biru

Informasi Menarik | kesehatan | Gadget | Pendidikan | Wisata | Tips Dan Triks | Islam | Bisnis Online

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Blogger Pemula

Advertisement


Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Blogger Pemula – Saya menulis ini bukan karena saya sudah pahim betul seluk beluk blogging, hingga bisa memberi petuah pada saudara. Ceilaaahh, semacam telenovela aje bahasanya... hee...
Saya pemula dan pengen sedikit sharing pengalaman aja mengenai aktifitas blogging saya. Adakah newbie juga yang lagi baca ini?
blogger pemulaSebelumnya, apa sih motivasi kalian buat ngeblog? Duit, hasrat terpendam, hobi atau apa? kalo saya pribadi sih jujur karena duit. Motivasi pertama saya untuk ngeblog adalah untuk kepentingan bisnis. Kalo kamu apa?
Oke, apapun motivasi kita buat ngeblog yang terpenting adalah apa yang harus kita ketahui tentang blogging dan gimana caranya memberdayakan blog kita kan? Tidak peduli apapun kontennya, toh itu pilihan hidup, h h h...
Dari hasil baca wejangan oleh para master, saya dapat beberapa pesan moral (cieee pesan moral ;D) diantaranya:
Pertama, blogging aja nggak cukup tapi terapkan juga SEO. Search Engine Optimization (SEO) itu penting lho untuk blog kita. Ibaratnya untuk membuat perpustakaan ramai pengunjung kita harus pandai menyusun buku-buku dalam rak yang benar sesuai katalog, menarik dan mudah dijangkau pengunjung. Tidak hanya menyedikan buku yang banyak dan berkualitas saja. Sama seperti halnya ngeblog, kita nggak cukup nulis aja, kita butuh cara untuk menarik pembaca blog kita. Gimana caranya? Ya dengan mengoptimalkan SEO blog. Buat apa menulis banyak-banyak, sekalipun tulisan tersebut berkualitas kalau nggak ada yang baca kan sama saja seperti diary.
Kedua, jangan terlalu money oriented. Ini mah aku banget :D . Jika tujuan ngeblog adalah untuk menunjang bisnis, ya sah-sah aja kontennya untuk promosi. Tapi, sesekali buatlah artikel yang informatif dan bermanfaat. Misal, sobat menjalankan toko online, jangan cuma promo produk tapi juga buat postingan tentang tips berbelanja di olshop, mengenali olshop tipu-tipu,dsb. Dan lagi, jika motivasinya untuk PPC, sebaiknya sobat fokuskan pada konten yang orisinil dan berkualitas. Jangan buru-buru mengejar penghasilan dari blogging. Sukses itu nggak ada yang instant lho, santai aja. Ada quote keren dari mastah,” Jangan ngeblog untuk PPC. Tapi PPC untuk blog”. Intinya, konten itu nomor satu, urusan penghasilan bisa menyusul kok.
Ketiga, jangan terlalu ambisius. Contohnya? Pengen blog cepet terkenal dan dapat traffic melimpah, sobat lalu membabi-buta mencari backlink, ikut traffic exchange sana-sini. Nggak perlu sebegitunya. Kita ini pemula loh, jangan terlalu gegabah. Gimana kalo terlalu banyak tebar link, blog kita justru dianggap spam lalu dibanned ? yang wajar saja. Ikut traffic exchange satu ato dua aja dengan proporsi yang wajar. Tebar link juga sewajarnya, jangan asal tempel di kolom komentar orang apalagi nggak nyambung sama artikelnya. Selain nggak sopan itu juga spamming. Perhatiin etika ya sobat, sekali lagi karena kita ini pemula.
Keempat, jangan sungkan sama senior. Berguru pada yang lebih dulu buat dapat ilmu. Nggak perlu malu ato gengsi tanya sama master-master blogging dan SEOer. Sapa tau selain dapat ilmu kita juga dapat backlink dari blog para senior, hehe... selain itu blog kita juga semakin dikenal sama blogger lainnya.
Oke, itu aja dulu tentang hal-hal yang harus diperhatikan blogger pemula. Emang bukan ngomongin teknisnya sih, tapi sekedar membangun mindset aja. Utamanya kayak saya, yang ngeblog tanpa arah, kontennya random dan nggak jelas. Muehehee...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel Terkait Mengenai : Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Blogger Pemula

Tampilkan Komentar
Hide comments

0 komentar:

Posting Komentar