Pipa Biru

Informasi Menarik | kesehatan | Gadget | Pendidikan | Wisata | Tips Dan Triks | Islam | Bisnis Online

Cara Mudah Mengendalikan Emosi

Advertisement

emosi
Cara mudah mengendalikan emosi – kita menganggap emosi sebagai sesuatu yang terjadi pada kita tanpa bisa kita kendalikan. Emosi sebagai suatu wilayah yang berdiri sendiri terpisah dari kita, yang kadang-kadang muncul entah kita suka atau tidak. Tapi benarkah emosi itu tidak bisa kita kendalikan secara sadar?
Seorang peneliti dari Universitas California telah mengumpulkan banyak sekali bukti selama beberapa tahun terakhir yang menentang pernyataan ini. Antara lain, dia telah membuktikan bahwa dengan secara sadar memanipulasi otot-otot wajah, kita secara efektif dapat melahirkan emosi apapun yang kita inginkan.
Kita dapat mengubah emosi dengan ekspresi wajah
Paul Ekman, bekerja sama dengan rekan-rekannya di jurusan psikologi dan psikiatri U.C San Fransisco, U.C Barkeley, Universitas Wisconsin, dll, telah melakukan berbagai eksperimen yang membuktikan bahwa subjek-subjek yang memanipulasi otot-otot wajah mereka menurut instruksi darinya sering menunjukkan banyak atau bahkan seluruh korelasi psikologis – frekuensi detak jantung yang meningkat, temperatur jari yang lebih tinggi, dsb – dari emosi-emosi yang dikaitkan dengan ekspresi wajah itu. Catatan EEG pun menunjukkan bahwa manipulasi otot-otot wajah yang dikaitkan dengan kebahagiaan menghasilkan aktivitas otak kiri-depan yang sama diketahui berkorelasi dengan kegembiraan spontan. Dan untuk semua ekspresi, subjek melaporkan perasaan subjektif emosi yang berhubungan dengan ekspresi yang mereka buat.
Ekspresi wajah dan emosi terkait secara biologis
Dalam tugas lapangan di kalangan bangsa-bangsa terisolasi dan buta huruf di Guinea, Ekman mendapati bahwa orang-orang disitu menunjukkan ekspresi emosi yang cocok dengan deskripsi foto ekspresi wajah yang ditunjukkan oleh subjek-subjek Barat.
Bukti semacam ini menunjukkan bahwa ada hubungan bawaan yang sangat erat antara gerakan otot wajah tertentu dan aktivitas motor otonom serta aktivitas otak. Ini sebenarnya cukup kontroversial, tetai tidak mengejutkan. Yang mengejutkan adalah implikasinya bagi kemampuan kita untuk mengendalikan kualitas kehidupan kita. Bahwa arah hubungan tersebut berkembang dari ekspresi wajah yang biasanya kita anggap sebagai sinyal emosi semata, menjadi emosi itu sendiri.
Hampir semua kita punya kemampuan sendiri-sendiri untuk mengendalikan suasana hati. Strategi yang bisa digunakan termasuk mengingat kenangan-kenangan yang menyenangkan atau menyedihkan, memberikan perhatian khusus pada pikiran yang baik atau atau buruk, dan terlibat dalam aktivitas yang mendukung perasaan yang kita inginkan.
Kesimpulannya:
Dari tulisan di atas kita mengambil kesimpulan bahwa, untuk mengendalikan emosi kita bisa memanipulasinya dengan ekspresi wajah yang biasanya hanya sebagai ekspresi dari emosi. Artinya, kita membalikkan ekspresi dari emosi menjadi kendali bagi emosi itu sendiri. Dan jangan lupa, atur suasana hati dengan menyetting perasaan ke suasana yang menyenangkan. Sugesti diri sendiri untuk meningkatkan kualitas hidup kita.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel Terkait Mengenai : Cara Mudah Mengendalikan Emosi

Tampilkan Komentar
Hide comments

0 komentar:

Posting Komentar