Pipa Biru

Informasi Menarik | kesehatan | Gadget | Pendidikan | Wisata | Tips Dan Triks | Islam | Bisnis Online

Cara Kreatif Mencari Referral

Advertisement


Cara Kreatif Mencari Referral – Tak dipungkiri dunia bisnis online sangat didominasi oleh bisnis dengan model afiliasi atau get member. Entah itu sistem afiliasi dijadikan cara kerja utama atau opsional saja.
referalKarena berbasis get member, maka untuk bisa sukses kita harus bisa menjaring banyak referral. Utamanya untuk bisnis jenis get member, yang memang pada dasarnya kekuatan utamanya terletak pada perekrutan member baru. Urusan rekrut merekrut ini kelihatannya gampang, tapi tak jarang lho yang mengeluh karena setelah promosi dimana-mana tapi tidak dapat satu pun referal.
Memiliki banyak referral pastinya menjadi impian banyak pelaku bisnis online, termasuk saya, mungkin juga sobat pembaca. Berbagai cara, dan media promosi dijajaki, tapi tak berhasil menjaring referal. Bahkan terkesan menebar link spam belaka dan tidak ada yang peduli setelahnya.
Bagaimana cara promosi yang efektif ?
Menurut saran para mastah, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan diantaranya tebar link afiliasi di sosial media, promosi langsung pada teman atau kerabat, aktif di forum milis dsb, traffic exchange, pasang slot iklan berbayar, dll. Dari semua saran tersebut sudah pernah saya terapkan dan ternyata masih belum efektif. Tebar link di sosmed merupakan kegiatan yang nyaris sia-sia karena posting teks dimana-mana pagi-siang-malam senin sampai senin lagi, hasilnya nihil. Saya putus asa, dan berhenti menggunakan cara ini. Sedangkan melalui  traffic exchange pun sama saja. orang yang menggunakan situs traffic exchange biasanya tidak pernah memperhatikan situs yang lewat, saya pun begitu. Jadi, menjaring referral dengan cara ini rasanya sangat sulit.
Lalu, apa cara unik dan kreatif untuk mendapatkan referal ?
Mengamati para pelaku BO negara asing, ada beberapa cara unik dari mereka untuk mempromosikan link afiliasi, diantaranya:
1.    Membuat video rapp, video testimoni, video tutorial, dsb. Cara ini lebih menarik daripada sekedar promo melalui teks yang kadang orang malas membacanya. Dengan dibuat menjadi video, orang lebih tertarik untuk memperhatikan presentasi kita.
2.    Membuat banner sendiri. Kebanyakan kita dalam memasang banner hanya banner yang sudah disediakan saja. Padahal, yang menggunakan banner itu ada banyak member. Mungkin orang yang melihat juga akan jenuh, bahkan tidak tertarik karena sudah sering melihat banner yang sama di banyak blog.
3.    Promosi offline melalui selebaran, stiker, dsb. Cara ini tentu saja perlu sedikit modal untuk biaya print, tinta, dll. Tapi siapa tau dengan cara ini sobat bisa menjaring banyak referral.
4.    Menyisipkan promosi lewat file download. Mungkin sobat orang yang gemar mengupload video di yotube. Ada baiknya sobat menyisipkan promosi di akhir tayangannya. Siapa tau orang yang mendownload video sobat tertarik menjadi referral sobat.
5.    Satu lagi cara unik mencari referral yaitu bisa melalui ebook. Tidak beda jauh dengan cara nomor 4, sobat bisa menyisipkan link afiliasi di ebook sobat. Atau sobat membuat ebook khusus untuk BO yang sobat ikuti kemudian ajak pembaca untuk bergabung.
Baiklah, itu saja yang bisa saya share tentang cara mendapatkan referral yang unik, kreatif dan efektif. Semoga bermanfaat. Salam sukses.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Artikel Terkait Mengenai : Cara Kreatif Mencari Referral

Show comments
Hide comments

2 komentar: