Pipa Biru

Informasi Menarik | kesehatan | Gadget | Pendidikan | Wisata | Tips Dan Triks | Islam | Bisnis Online

Review Asus Notebook Asus Eee PC 1215P

Advertisement

Asus Notebook

 Pada artikel kali ini saya akan sedikit mereview tentang notebook Asus dan pengalaman saya selama menggunakannya. Notebook Asus yang saya gunakan adalah Asus Eee PC 1215P. Notebook ini telah menemani hari-hari saya selama lebih dari 2 tahun sejak pembeliannya pada januari 2012 lalu.

Kenapa memilih notebook besutan Asus? 
Menentukan pilihan tentunya bukan suatu hal yang mudah. Sebelum memilih notebook dari Asus saya terlebih dahulu bertanya kepada teman-teman mengenai kelebihan dan kekurangan notebook yang mereka gunakan baik itu buatan Asus maupun merk lainnya. Kebanyakan dari pengguna Asus cukup puas dengan performa dan ketangguhan notebook tersebut. Menurut pengalaman mereka selama menggunakan notebook Asus tidak pernah mengalami kerusakan yang serius pada hardware maupun softwarenya. Asus bisa dibilang vendor dengan produk yang awet dan tangguh.
Testimoni dari teman-teman ternyata cukup mempengaruhi pilihan saya. Lebih lanjut, saya mulai mencari review dan ulasan mengenai beberapa merk notebook dari internet. Dari beberapa review tersebut, Asus cukup memenuhi kualifikasi yang saya harapkan. Memangnya apa saja sih kelebihan notebook Asus?  Ini dia beberapa kelebihan notebook buatan Asus:
·      Perihal teknologi dan ketangguhan, Asus tidak perlu diragukan lagi karena vendor Asus sudah populer sejak lama sehingga cukup berpengalaman. Bahkan untuk membuktikan kualitas produknya Asus telah melakukan berbagai macam tes ekstrim. Beberapa tes yang dilakukan seperti tes tekanan, tes engsel, tes getaran,tes jatuh, tes goncangan dan tes pemelintiran (lebih jelasnya silakan lihat: sumber ). Uji coba tersebut tidak lain bertujuan untuk memastikan daya tahan yang kuat dan performa yang bisa diandalkan dari setiap produknya. Sebagai konsumen, tentunya kita akan merasa nyaman apabila memiliki notebook dengan standar ketahanan yang tinggi bukan?
·      Dengan kualitas yang mumpuni Asus membanderol harga yang cukup ekonomis dibanding merk lain. Sangat sesuai untuk kalangan menengah ke bawah yang ingin mendapatkan notebook berkualitas dengan harga yang ramah di kantong.
·      Asus merupakan produsen notebook dengan penjualan terlaris di Indonesia. Sebuah lembaga nalisis data terkemuka dunia IDC melakukan riset untuk pasar notebook di Indonesia. Dalam laporannya, total penjualan notebook di Indonesia mencapai 913.652 unit pada kuartal kedua tahun 2013. Dari total penjualan tersebut, 291.236 unit notebook merupakan produk dari Asus. Penjualan Asus menguasai 31,87% pasar, yang mengukuhkannya sebagai produsen notebook terbesar di Indonesia. Sementara produsen lain di peringkat kedua memiliki presentase penjualan sebesar 19,87% saja. Pada Januari 2014 penjualan notebook mengalami kenaikan hampir 2x lipat dari tahun sebelumnya. Ini membuktikan bahwa Asus memang banyak diminati oleh kebanyakan masyarakat.
·      Design notebook Asus cukup slim, ringan, elegan dan stylish.
Melihat beberapa kelebihannya, saya pun mantap untuk menjatuhkan pilhan pada merk Asus.
Lalu kenapa memilih Asus Eee PC 1215P ?

Hal pertama yang menjadi pertimbangan saya adalah ukuran layarnya. Berbeda dengan netbook pada umumnya yang menggunakan layar hingga 10 inci dengan prosesor dual core Intel Atom N550, Asus Eee PC 1215P menawarkan layar yang lebih besar, 12.1 inci. Ukuran yang menurut saya tidak terlalu lebar pun tidak terlalu sempit. Ukuran sekian juga membuat palm rest atau touchpad menjadi lebih lebar dari yang ukuran layarnya hanya 10 inchi. Kelebihan lain dari Asus Eee PC 1215P yaitu:
·           Berat

Asus Eee PC 1215P tergolong cukup ringan, beratnya hanya sekitar 1.5 kg. Untuk anak kuliahan yang suka hang out, rasanya Asus Eee PC 1215P ini tidak begitu berat untuk dibawa dibawa bepergian.
·           Baterai
Daya tahan baterai merupakan pertimbangan yang penting bagi saya ketika akan membeli sebuah notebook. Mungkin demikian pula dengan Anda. Tentunya notebook dengan daya hidup yang lebih lama akan sangat berguna ketika di bawa bepergian. ASUS Eee PC 1215P dilengkapi dengan 6 sel besar sehingga mendukung daya hidup yang lebih lama. Ditambah lagi dengan teknologi SHE (Super Hybrid Engine) yang mampu menghemat daya hingga 15%, daya hidup baterai dapat bertahan lebih lama, sekitar  8 jam dalam pemakaian yang wajar. Dan benar saja, selama saya memakai notebook ini saya cukup puas dengan daya hidup baterainya. Padahal seringkali saya gunakan untuk menonton film, atau bermain game selama lebih dari 5 jam dalam sehari.
·           Desain
Untuk urusan tampilan, Asus Eee PC 1215P ini terbilang cukup stylish. Desainnya ramping, elegan dan aerodinamis. Tampilan casingnya mengkilap karena menggunakan high gloss cover. Selain efek mengkilap, penggunaan high gloss cover juga memberi efek mulus pada body notebook.  Asus Eee PC 1215P terdapat dalam 3 varian warna yaitu Sapphire Black, Diamond Silver, dan Vivid Red.
Untuk desain keyboard juga tidak kalah menarik. Menggunakan teknologi keyboard chiclet membuat Asus Eee PC 1215P  lebih nyaman ketika digunakan untuk mengetik. Bentuknya yang lebih besar serta sandaran tangan lebih luas, membuat penggunanya tidak cepat mengalami kelelahan ketika mengetik. Pada bagian handrest dari netbook ini menggunakan finishing Matte sehingga bagian tersebut walau sering terpegang tangan tidak akan menyisakan cap. Jarak tuts keyboard yang cukup lebar juga memudahkan keyboard untuk dibersihkan.
Pada webcam-nya, terdapat pelindung fisik berupa slider yang bisa digeser untuk menutup atau membuka kamera sehingga lensa kamera bisa terlindungi.
·           Kapasitas Penyimpanan
Asus Eee PC 1215P menyediakan kapasitas penyimpanan yang cukup besar yaitu sekitar 320 GB. Sedangkan media penyimpanan eksternalnya mampu mencapai 500 GB. Bagi pecinta film seperti saya, kapasitas penyimpanan internal yang mencapai 320 GB sangat cukup untuk menyimpan puluhan video favorit.
·           Performance 
ASUS EeePC 1215P memberikan performa yang mengagumkan dari netbook lain dalam tingkatannya, dengan kecepatan transfer data yang didukung oleh 3 port USB3.0, dan RAM 2GB DDR3. Serta performance processor Intel atom dual core yakni N550 (1.5 GHz ClockSpeed) atau N570(1.66 GHz ClockSpeed) yang setara dengan intel core two, didukung dengan 4 buah threads.
Performa grafis Intel NM10 Express Chipset, didukung oleh sistem terpadu pada prosessor yakni Intel GMA 3150 graphic, dengan tingkat frekuensi dasar 200MHz, sehingga mendukung dalam penyimpanan memory grafis pada processor, serta membantu dalam melakukan decoder beberapa ekstensi video, dengan demikian penggunaan proses grafis akan terasa lebih memukau. Dan kapasitas hard drive internal 320GB beserta gratis 500GB ASUS WebStorage.


Untuk lebih lanjut, silakan lihat spesifikasi Asus Eee PC 1215P berikut:

§  Sistem operasi Windows 7 Home Premium, Windows 7 Home Basic, atau Windows 7, Express Gate. Versi ini sudah terupdate (SP1)
§  Display 12.1" LED Backlight HD (1366x768) Screen
§  CPU Intel® Atom™ N570 Processor
§  Chipset Intel® NM10 Express Chipset
§  Memori DDR3, 2 x SO-DIMM, 2GB ( Maximum 2GB )
§  Storage 2.5" SATA 320GB HDD 
§  320GB ASUS Web Storage
§  Wireless Data Network WLAN 802.11 b/g/n@2.4GHz
§  Bluetooth V3.0(Optional)
§  Kamera 0.3 M Pixel Camera
§  Audio Hi-Definition Audio CODEC 
§  Speaker Stereo
§  High Quality Mic
§  Interface 1 x Konektor VGA
§  3 x USB 2.0 
§  1 x LAN RJ-45 
§  2 x Jack Audio (Headphone/Mic-In)
§  1 x Card Reader : SD/ SDHC/ SDXC/ MMC
§  Baterai 6-cell Li-Ion 4400mAh Battery / 8 jam*
§  Berat 1.45 Kg (dengan baterai)

Kesimpulan:
Rasanya memang tidak salah memilih produk dari Asus, apalagi Asus Eee PC 1215P. Setelah melihat beberapa review dari para pengguna Asus dan tentunya dari pengalaman pribadi selama menggunakan Asus seri Eee PC 1215P lebih dari 2 tahun, tidak berlebihan jika saya bilang Asus merupakan notebook terbaik dan terfavorit. Saya katakan terbaik karena Asus mampu menyediakan produk-produk notebook berkualitas dangan harga yang ekonomis. Dan kenapa saya katakan Asus adalah notebook terfavorit karena riset pun membuktikan bahwa penjualan Asus mendominasi pasar notebook di Indonesia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Artikel Terkait Mengenai : Review Asus Notebook Asus Eee PC 1215P

Show comments
Hide comments

1 komentar: