Pipa Biru

Informasi Menarik | kesehatan | Gadget | Pendidikan | Wisata | Tips Dan Triks | Islam | Bisnis Online

Tips Menulis Artikel dengan Mudah: Menulis Itu Ibarat Ngomong !

Advertisement

Tips Menulis Artikel Mudah: Menulis Itu Ibarat Ngomong !

menulis artikel

Menulis, kalau diurut dari hierarki keterampilan berbahasa, keterampilan menulis adalah keterampilan terakhir. Artinya, menulis itu merupakan keterampilan yang memang cukup sulit dari ketiga keterampilan berbahasa lainnya yaitu menyimak, berbicara dan membaca.
Apa saja kiat-kiat menulis artikel dengan mudah bagi pemula, ane kasih sedikit tips ya sob:

1.    Tak perlu berpikir benar-salah, baik-buruk

Sebenarnya menulis dengan baik itu penting, tapi untuk pemula sebaiknya tidak perlu berpikir kesana terlebih dahulu. Memikirkan benar-salah dan baik-buruk hanya menjadikan sobat skeptis untuk memulai menulis karena takut dengan penilaian. Yang terpenting ketika belajar menulis adalah “terbiasa menulis”, itu aja !! Baik atau buruknya tulisan kita bisa kita nilai sendiri jika sudah terbiasa menulis. Semakin sering menulis kepekaan berbahasa kita juga akan meningkat.

2.    Menulis berekspresi

Pernah mendapat tugas menulis essay atau karangan tentang tema tertentu yang sobat tidak menguasainya? Membosankan sekali bukan, apalagi buat kita yang nggak pandai menulis. Jika sobat penulis pemula, jangan memaksakan diri untuk menulis artikel berdasarkan tema tertentu apalagi yang sobat tidak mempunyai kapasitas disana. Mulailah dengan memulai menulis dari yang paling mudah, menulis berekspresi. Sobat bisa menuangkan pemikiran atau uneg-uneg seperti halnya menulis diary. Bedanya , bukan kehidupan pribadi sobat yang sobat tulis, tapi pandangan sobat menyangkut lingkungan atau hal-hal di sekitar sobat. Seperti pandangan sobat tentang politik, ekonomi, pendidikan, kehidupan sosial,dsb.

3.    Basa-basi itu perlu, tapi seperlunya

Basa-basi itu ternyata penting lho sob. Tanpa basa-basi sebuah tulisan akan terlihat kurus dan terasa hambar. Kenapa kurus, karena tanpa “kalimat basa-basi” atau kalimat intermezzo artikel terlihat begitu sedikit tampak seperti sebuah kerangka karangan saja. Kenapa pula ane katakan hambar? Karena basa-basi berfungsi sebagai aksesoris yang mempermanis dan mepercantik artikel sobat. Ibarat lagu, nggak lucu kan kalau nyanyi langsung ke reff tanpa melewati intro? Jatohnya kayak ringtone kan,hehe...
Tapi ingat, basa-basilah seperlunya. Jika terlalu banyak berbasa-basi penulis juga akan bosan bahkan muak dengan tulisan sobat. Tentu saja proporsi kalimat aksesoris harus lebih sedikit dari kalimat utama, jangan sampai lebih !

4.    Menulislah seperti berbicara

Ini dia poin utama dari tulisan ini sob. Ya. Menulis itu ibarat ngomong. Ngomong dan menulis adalah sama-sama berbicara. Kalau ditelaah, menulis itu pun adalah proses berbicara. Bedanya, ngomong itu berbicara melaui suara (verbal) sedangkan menulis itu berbicara melalui tulisan (non verbal). Jadi, benarkan kalau menulis itu sama dengan ngomong?
Sebenarnya, mereka yang pandai bicara juga berpotensi menjadi penulis ulung. Why? Karena eh karena bicara itu menyuarakan pemikiran dan menulis itu mem-visualkan perkataan. Tinggal memindahkan omongan aja kan harusnya.
Bahkan gaya bicara kita juga akan memperngaruhi gaya menulis kita. Misal, Raditya Dika, gaya bicara Radit yang humoris, alay dan imajinatif ini ternyata juga bisa ditemukan dalam setiap tulisannya. Jadi, tidak perlu bingung untuk menulis apa yang hendak sobat tulis, tulis saja apa yang pengen sobat katakan.
Kalau nggak pandai ngomong? Sekarang ane bilang:
Ngomong itu menyuarakan pemikiran,Menulis itu mem-visualkan omongan.
Ada 2 proses disana, berpikir-berbicara, berbicara-menulis. Gimana kalau kita singkat saja prosesnya, dari berpikir ke menulis. Dalam bahasa ane, menulis itu memvisualkan pemikiran. Sama saja kan sob?
Harusnya, bagi yang tidak pandai ngomong, menulis adalah sarana berekspresi paling utama. Dan memang, kebanyakan mereka yang tidak pandai ngomong justru pandai menulis. Tapi sebaliknya, mereka yang pandai ngomong tidak pandai menulis.

Apa pun itu, menulis itu harusnya tidak sulit dan tidak perlu kita persulit. Itu saja artikel tentang  “Tips Menulis Artikel Mudah: Menulis Itu Ibarat Ngomong !”, semoga bermanfaat. 
Baca Juga: Membangun Peluang Usaha dari Hobi

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel Terkait Mengenai : Tips Menulis Artikel dengan Mudah: Menulis Itu Ibarat Ngomong !

Tampilkan Komentar
Hide comments

0 komentar:

Posting Komentar