Pipa Biru

Informasi Menarik | kesehatan | Gadget | Pendidikan | Wisata | Tips Dan Triks | Islam | Bisnis Online

Apakah Janin Dalam Kandungan Buang Air ?

Advertisement











Tulisan ini berangkat dari sebuah pertanyaan yang diajukan temen.
Dia tanya.” Bayi pas di dalam perut buang air gak ya?”
Hehe..  aneh-aneh aja dia tanya-nya, tapi iya juga sih baru kepikiran setelah dia nanya gitu. Berhubung saya lupa sama kegiatan saya pas masih dalam kandungan, jadi saya tanya pada sesepuh, siapa lagi kalau bukan mbah gugel. Ya biarpun dia gag berkontribusi pada kemunculan ibu atau bapak saya apalagi kemunculan saya, hehe..
Searching sana-sini ternyata gag banyak artikel yang bahas masalah ini. But,...
Setelah mengembara dari satu site ke site dengan peluh yang berjatuhan <<- (alay detected) akhirnya ketemu beberapa site yang isinya tanya jawab seputar kehamilan dan akhirnya saya ambil beberapa poin penting untuk saya bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk blog saya tercinta.

AKTIVITAS JANIN DALAM KANDUNGAN
Inget gag dulu dalem perut ngapain aja?
Hayoo yang narsis pasti punya dokumentasi pas dalam perut bunda kan?.... hehehe
1.    Pada sekitar usia 6 minggu atau 4 bulan janin peka terhadap cahaya dari luar. Meskipun di dalam rahim cenderung gelap tapi bayi bisa merasakan cahaya dari luar tubuh ibunya. Tidak hanya mulai peka terhadap rangsang cahaya, pada usia ini janin juga mulai menghisap dan mengecap serta mulai bisa merasakan sensasi kulitnya. Jika disentuh telapak tangannya, dia akan bereaksi menggenggam. Mungkin ini alasannya kenapa bayi suka menggenggam erat-erat jika diselipi jari ke telapak tangannya.

2.    Pada usia 6 bulan atau sekitar 24 minggu bayi mulai mendengar. Apa yang didengarkan? Bayi mendengar segala aktivitas dari luar maupun dari dalam tubuh ibu. Detak jantung ibu, aktivitas usus, saat bermain air ketuban, semua merupakan irama yang indah bagi bayi yang didengar dari dalam tubuh ibu.

3.    Bayi buang air (BAB) atau enggak di dalam perut/ kandungan? Nah ini dia poin penting dari tulisan ini. Normalnya sih enggak. Janin dalam kandungan tidak BAB karena kotoran yang dihasilkannya terserap oleh tubuhnya sendiri. Namun, jika asupan oksigen dan makanan pada janin terhambat akibat lilitan tali pusat atau tali pusat tertekan oleh janin maka anus janin akan melemah sehingga kotorannya keluar. Hal ini juga bisa terjadi pada kehamilan lewat waktu (42 minggu). Karena usia janin dalam perut terlalu tua, pencernaan janin mulai berfungsi sehingga ia mampu BAB. Akibat dari janin yang buang kotoran ini air ketuban menjadi tercemar dan bisa menimbulkan keracunan pada janin karena kotoran tertelan oleh janin dan masuk ke dalam paru-paru. Air yang berwarna hijau kecoklatan menandakan kemungkinan bayi telah buang air (BAB) dan jika air ketuban berwarna merah kehitaman merupakan indikator terjadinya pendarahan, misal: lepasnya ari-ari.






Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel Terkait Mengenai : Apakah Janin Dalam Kandungan Buang Air ?

Tampilkan Komentar
Hide comments

0 komentar:

Posting Komentar