Pipa Biru

Informasi Menarik | kesehatan | Gadget | Pendidikan | Wisata | Tips Dan Triks | Islam | Bisnis Online

Kenapa Lubang Hidung Ada Dua ? Ini dia jawabannya

Advertisement





mengupil
       





             
 

Pernah bertanya gak kenapa lubang hidung kita ada dua
Kenapa gak satu aja dengan ukuran yang lebih besar?

 Tentu saja semua itu tidak lepas dari tujuan Tuhan mencipta sesuatu. Sesuatu diciptakan pasti ada tujuan dan manfaatnya.
Ternyata eh ternyata pertanyaan konyol ini bisa dijawab secara ilmiah lo.... Hidung meskipun terlihat sama ternyata memiliki perbedaan struktur, salah satunya memiliki saluran nafas yang besar dan yang lain memiliki saluran nafas yang kecil. Udara yang melewati saluran pernapasan yang kecil bergerak dengan lambat, sebaliknya udara yang melewati saluran pernapasan yang besar akan bergerak cepat.

Dunia kesehatan juga telah mebuktikan secara klinis bahwa lubang hidung sebelah kanan mengeluarkan udara panas dan lubang hidung sebelah kiri mengeluarkan udara dingin. (Sebelah kanan mewakili matahari panas dan sebelah kiri mewakili bulan dingin). bisa dikatakan ada perbedaan antara dua lubang hidung, lubang hidung kanan dan kiri.

Dua sifat berbeda ini dimanfaatkan untuk terapi sakit kepala. Caranya, ketika kita merasa sakit kepala misalnya saja pusing, kita tutup saja lubang hidung sebelah kanan dan bernafas menggunakan lubang hidung sebelah kiri selama kira-kira 5 menit. Jika lelah,bisa mengganti menutup lubang hidung sebelah kiri dan bernafas menggunakan lubang hidung sebelah kanan. Efek akan semakin terasa jika dilakukan lebih dari 5 menit.

benar atau tidak, panas dingin ini katanya juga ada hubungannya dengan tingkat kesabaran laki-laki dan perempuan. perempuan lebih banyak bernafas dengan lubang hidung sebelah kiri yang mengeluarkan udara dingin sementara laki-laki lebih banyak menggunakan lubang hidung sebelah kanan yang mengeluarkan udara panas. Itu sebabnya perempuan lebih sabar daripada laki-laki.



Kedua lubang hidung ini masing-masing memiliki kemampuan dalam mencium bau. Lubang hidung dengan saluran pernapasan yang kecil dalam beberapa kasus akan sulit mendeteksi bebauan yang cepat hilang, maka ini akan menjadi tugassi saluran besar. Begitu pula sebaliknya jika si saluran besar tidak bisa mengenali bau tertentu maka akan menjadi tugas si saluran kecil.

Jadi,intinya kedua lubang hidung kita ini serupa tapi tak sama dan saling melengkapi.





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Artikel Terkait Mengenai : Kenapa Lubang Hidung Ada Dua ? Ini dia jawabannya

Show comments
Hide comments

2 komentar: